TRACER STUDY

Universitas Muhammadiah Jambi sebagai institusi yang setiap tahunnya menghasilkan lulusan mempunyai tanggung jawab moral untuk menjamin lulusannya cepat memperoleh pekerjaan melalui pelatihan-pelatihan soft skill dan informasi lowongan pekerjaan yang mutakhir. Pembekalan yang berupa keterampilan-keterampilan yang menunjang kompetensi lulusan melalui pelatihan yang diadakan Universitas Muhammadiyah Jambi diharapkan dapat membantu lulusan siap menghadapi persaingan di pasar kerja.

Universitas Muhammadiah Jambi berupaya menghasilkan lulusan yang unggul sebagai penggerak pembangunan masyarakat yang berjiwa Intrepreneur, Inovatif, Produktif dan Konstruktif berlandaskan Moral Agama, Budaya dan Pancasila di Provinsi Jambi. Makna Unggul adalah lulusan yang memiliki daya saing tinggi, dipersiapkan sebagai penggerak pembangunan masyarakat. Universitas Muhammadiah Jambi berkomitmen untuk membekali lulusannya dengan ilmu, pengetahuan dan Soft Skills sehingga memiliki jiwa Intrepreneur, Inovatif, memiliki kemampuan dalam berinovasi, Produktif dan Konstruktif berlandaskan Moral Agama, Budaya dan Pancasila di Provinsi Jambi.

Peranan Tracer Study merupakan salah satu metode pelacakan alumni yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya untuk memperoleh umpan balik dari Alumni yang dibutuhkan oleh Universitas Muhammadiyah Jambi sebagai bahan evaluasi dalam rangka pengembangan kualitas system pendidikan, memetakan dunia usaha dan industri serta mengembangkan kompetisi lulusan sehingga mampu memangkas masa tunggu lulusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jambi. Kuesioner Tracer Study yang disebarkan kepada Alumni merupakan kuesioner yang diadaptasi dari kuesioner DIKTI pada laman Tracer Study melalui Website simkatmawa.

Pelaksanaan Tracer Study ini antara lain bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas lulusan Program Manajemen Universitas  Muhammadiyah Jambi di dunia kerja, dengan melakukan pelacakan terhadap lulusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Jambi akan diperoleh data yang akurat tentang profile lulusan sehingga evaluasi dan perbaikan terhadap sistem pembelajaran yang ada dapat terus ditingkatkan.

Terutama untuk kebutuhan akreditasi, evaluasi diri, publikasi dan promosi Universitas Muhammadiyah Jambi.  Sehingga diharapkan dapat memberi masukan bagi perbaruan dan pengembangan lulusan, baik dalam hal kurikulum maupun softskill yang dimiliki lulusan.